kenaikan harga bahan kain

 

penyebab harga kain terus meningkat

 



ni mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak dicari jawabannya oleh para pengusaha di bidang fashion. Kain yang menjadi bahan utama akan langsung berpengaruh terhadap keuntungan bisnis ketika harganya berubah. Sedangkan beberapa waktu terakhir harga kain terus naik, tidak hanya pada satu jenis namun pada beberapa jenis sekaligus. 

Faktor Energi

 

Kain yang selama ini digunakan dalam pembuatan produk fashion, dihasilkan oleh perusahaan manufaktur dari kumpulan benang-benang melalui serangkaian proses. Untuk menjalankannya, pabrik akan membutuhkan sumber energi untuk menjalankan berbagai mesinnya. Dimana kebanyakan sektor industri menggunakan bahan bakar fosil seperti batubara. 


Faktor Bahan Baku

 

Dalam proses produksi kain, selain menggunakan benang katun, juga menggunakan benang polyester. Benang tersebut yang banyak dimanfaatkan pada kain seperti drill, oxford, parasut dan lain-lain. Ketika terjadi kenaikan harga pada benang polyester, otomatis akan berdampak pula pada harga kain-kain tersebut. 

 

Faktor Kain Impor

Sebenarnya Indonesia memiliki alternatif selain memproduksi sendiri kain, yaitu dengan impor kain jadi dari negara lain. Sayangnya, China sebagai salah satu negara yang banyak diandalkan impor kainnya ke Indonesia, juga mengalami masalah dalam beberapa waktu terakhir. Terjadi krisis suplai listrik di China yang pada akhirnya berpengaruh terhadap aktivitas industri di negara tersebut. 

 

Komentar